Rabu, 11 Juli 2012

resep pasta


A.Pengertian Pasta
Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, air, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Di Indonesia, jenis pasta yang populer misalnya spageti, makaroni dan lasagna.
Dalam bahasa Inggris, pasta adalah sebutan untuk berbagai jenis masakan dengan bahan utama salah satu jenis pasta yang diberi bumbu dan saus. Pasta berasal dari bahasa Italia "pasta alimentare" yang berarti adonan bahan makanan. Dalam arti luas, "pasta" bisa berarti semua adonan seperti adonan roti, pastry, atau cake. Dalam bahasa Italia, pasta yang berarti bahan makanan seperti mi disebut pastasciutta. Pasta dibuat dari tepung terigu semolina yang merupakan hasil gilingan biji gandum durum dicampur telur sehingga sedikit berwarna kuning cerah, dan bila dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal. Pasta buatan Amerika sering dibuat dari campuran tepung terigu Farina dan Semolina, sehingga mempunyai tekstur yang lebih lembut untuk dijadikan hidangan seperti kaserol. Di luar negara asalnya di Italia, pasta biasanya dijual di dalam kemasan dalam bentuk kering. Pasta kering dibuat di pabrik dengan menggunakan mesin ekstrusi yang mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan. Bentuk-bentuk pasta yang lain diperoleh dengan menggiling adonan pasta menjadi lembaran yang kemudian dipotong-potong atau dicetak.
Pasta segar buatan rumah tangga dan restoran dibentuk dengan tangan beberapa saat sebelum pasta direbus. Pasta segar memerlukan waktu masak yang singkat, namun pasta segar tidak tahan lama disimpan karena memiliki kadar air yang tinggi. Pasta kering bisa tahan lama disimpan hingga 3 tahun atau lebih karena hanya memiliki kandungan air sebanyak 10%. Pasta yang sudah dimasak dan tinggal dipanaskan dengan oven microwave juga sering dijumpai di bagian makanan beku pasar swalayan.
B.Sejarah Pasta
Makanan mirip pasta banyak dijumpai di berbagai tempat di dunia sejak zaman dulu, terutama di wilayah dengan penduduk yang menjadikan gandum dan serealia sebagai makanan utama. Gandum yang sudah digiling sering dimasak sebagai bubur atau dihaluskan menjadi tepung dan dibuat roti. Pasta kemungkinan besar merupakan alternatif dari bubur atau roti, karena pasta merupakan makanan awetan yang dibuat tanpa perlu dimasak.
Di Eropa, catatan tertulis paling tua tentang makanan serupa mi ditemukan pada hiasan makam orang Etruscan di Italia Tengah yang berasal dari tahun 400 SM. Di Tiongkok, mi sudah dikenal sejak tahun 2000 SM berdasarkan hasil penggalian di situs Lajia (Tiongkok barat) yang terletak di tepi Sungai Kuning. Di bawah lapisan tanah jenis tanah loess yang tebal di situs penggalian yang sudah rusak akibat gempa bumi dan banjir ditermukan mi berwarna kuning di dalam panci tanah liat yang terbalik. Panjang mi sekitar setengah meter dengan diameter 3 milimeter. Hasil analisis menunjukkan mi dibuat dari tepung biji milet.
C.Jenis pasta
Pasta terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Di Italia terdapat lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun tercipta bentuk yang baru. Pasta yang berbentuk seperti panjang-panjang seperti mi disebut spageti, variasi yang lebih kurus disebut vermicelli, variasi yang panjang dan pipih seperti kwetiau disebut linguine, sedangkan versi yang agak tebal disebut fettucine.
Nama jenis pasta biasanya diambil berdasarkan nama-nama bentuk pasta dalam bahasa Italia. Pasta berbentuk pendek-pendek seperti pena disebut penne, sedangkan pasta berbentuk kupu-kupu disebut farfalle. Jenis-jenis pasta selengkapnya bisa dilihat pada daftar nama pasta.
Farfalle : Pasta bentuk dasi kupu-kupu dengan tepi bergerigi. Cocok untuk hidangan salad atau sajian utama dengan saus yang creamy, seperti Mornay Sauce.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgKUjzL8nQ2PbTYeH5AHm0hJ37L9BI6wxTySGqTA1dB3zJfdnOYkUnKkGYBo0Wq4B2dOWQlqLuID3wNNUCz4Qe8fOrKhGTYjoy7P_nxh55gOgTVFRJOIZIGg9tzLpXkT-zGwv3607Rs6HI/s320/Farfalle.jpg

Conchiglioni: Menyerupai kulit kerang. Lebih pas untuk isi sup, salad, dan sajian utama
       . https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXj7-yVn1YKMzHr-RHa9l461bf-Ka8gG67VuUUmCemEtkiJMuyHCSpzHRk_fqrHPr51POaMKObXeA7oI0B1m12pA7i1wXy5PMZGeqXUz592q0d_MZV_d6EIdPJjOptPPajgvN2-u5Ik60/s320/conchiglioni.jpg

Cannelloni: Bentuknya seperti pipa berlubang dengan diameter 3cm, panjang + 5cm. Jenis lain cannellonidengan bentuk lebih pendek dikenal dengan nama rigatoni, sedangkan yang berujung serong disebut penne. Cocok dimasak dengan daging dan keju pada hidangan panggang maupun rebus. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjz1KYBNOqNAqvUTrffaWGHWipqscjCLdu6TqgpoIVV1SQosdf61e23ltRI9ymO_qWWpp6GZ7U5J2zCAXWGcNWL_JeK5PaGxp1fzGYD60mmVmcKHjOVWarp5BtiXrcEdwvicFlVYY2CURg/s320/cannelloni.jpg

Lasagna: Berbentuk lembaran tipis dengan panjang + 27 cm, lebar 5 cm. Dapat dijumpai dalam tiga warna, kuning untuk hidangan panggang, merah biasanya diolah dengan saus tomat, dan hijau cocok dipadu dengan bayam atau aneka sayuran.
      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfyzx3tf67EqORccFqd4p-icGPJKYGggr3eYbn-411M2BfIx3aE6tzdQCuthLKU7ZTtll62z4xjvNP8mD-1Lrb914qJQALBrDnFGlU5ZCM6NABwrSmliF0cn4EhhCfT8sscgN2DE0MbZ8/s320/lasagna.JPG

Spaghetti: Bentuknya seperti lidi panjang tanpa lubang. Sangat cocok disajikan dengan saus bolognaise (saus tomat dengan daging cincang). Serupa dengan spaghetti tapi ukuran lebih kecil dan pendek dikenal dengan sebutan vermicelli. Pas diolah bersama hidangan laut., daging, maupun isi sup. 
      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipXX-JO1YocVe0CEyF_rxu4mX91_GfV3ZQmJa9qAqkKDrILLRjtXhdsyrjnDUsuvHuidxb029Z7v57_4cXXenz471_DqJjc5QbEwMx9SOogna_lRf3qnhEg9zGiwiAlpBmTcd5XMtBEK4/s320/spaghetti.jpg



Fusilli: Bentuknya mirip spiral. Biasanya diolah dengan saus krim dengan tomat dan kacang polong. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGaZmH9PsDpJ_vcVB454CkQmOeC9S7NafHywDo1WBMBOBKDrV5NaFphY53CFWi0H5bZQhGxq72ozBX8R0RCwcF-Kbwn2OKTYr9UArM1oUTCrhGRqGAKUU-MdnrL3beawAFjAEYtvqVgbY/s320/fussili.jpg

Macaroni: Pasta bentuk pipa melengkung dengan lubang di tengahnya. Pas untuk hidangan panggang seperti macaroni schotel dan isi aneka sup. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhcsFG4xsKs1rXwYhW2t-ibrpoPSx-umf0gxGeVSFSGj4UMw13cpKwJ38aAmtrHfNoVKOFgIOev9Q66HixkFV4OMElw5qkTPsusEOtogG6_o0MdW_iQAgmsdPLBDKEq11a8s-JxB51gXAA/s320/macaroni.jpg


Fettuccini: Bentuknya seperti kwetiau, pipih dan lebar. Dapat dijumpai dalam tiga warna, hijau dari sari bayam, hitam dari tinta cumi-cumi, dan kuning dari telur. Cocok dijadikan sajian utama dengan daging, keju, sayuran, atau seafood.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZUfmWv29VLk_IPYG3rNzMhsKjIKSWwHTrdNT5-Ws6vl53WrxlN2RckrKBu_foxi4b5Vqa1P-JK-biNe25m4bQkLw1uUlS10sPGX4ThHi8uDOiLeZHdDnzEdCW96vycf5dj1Ul9ODhYZ8/s320/fettucini.jpg




Resep :
  Fettucine Black Pepper

Bahan:
250 g fettucine
2 sdm minyak sayur
3 siung bawang putih, cincang halus
100 g paprika hijau, buang bijinya, cincang
100 g daging sukiyaki, potong-potong
2 sdt merica hitam butiran, memarkan agak halus
3 sdm saus BBQ
1 sdt garam

Taburan:
Keju Parmesan

Cara membuat:
Rebus spaghetti dalam air secukupnya hingga empuk. Angkat dan tiriskan.
Tumis bawang putih hingga wangi.
Masukkan paprika, aduk hingga layu.
Tambahkan daging, aduk hingga kaku.
Masukkan merica hitam, saus BBQ dan garam. Aduk hingga rata.
Masukkan spaghetti, aduk hingga rata.
Angkat, beri bahan Taburan.

Sajikan hangat









Resep :
Spaghetti Daging Asap


Bahan:
250 g spaghetti
2 sdm minyak olive
1 siung bawang putih, memarkan
50 g bawang Bombay, iris tipis
100 g daging asap atau beef bacon, potong 1 x1 cm
100 g daun lettuce, potong 1x1 cm
1 sdt minyak cabai
½ sdt merica hitam bubuk
½ sdt oregano kering
½ sdt basil kering
1 sdt garam

Cara membuat:
Rebus spaghetti dalam air secukupnya yang diebri sedikit garam hingga lunak. Angkat dan tiriskan.
Tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga layu dan wangi.
Masukkan daging asap, aduk hingga layu.
Tambahkan lettuce, minyak cabai dan bumbu, aduk sebentar.
Masukkan spaghetti, aduk hingga rata.
Angkat, sajikan hangat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar